MEDIA PEMBELAJARAN
oleh Dr. Suranto, M. Pd.
1.
Fungsi Media Pembelajaran


–
Obyek
yang terlalu besar dapat diganti dengan realitas, gambar, film bingkai, model;
–
obyek
yang terlalu kecil dibantu dengan OHP trasparansi, film bingkai, film atau
gambar;
–
Kejadian
atau peristiwa masa lampau dapat ditampilkan kembali melalui rekaman video,
film, dan foto;
–
Obyek
yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan diagram, bagan, atau skema;
–
Konsep
yang terlalu luas dapat divisualisasikan dalam bentuk film, gambar, dan
lain-lain.
–
Melalui
penggunaan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap
pasif siswa. Dengan demikian, penggunaan media pengajaran dapat




–
Menumbuhkan
pemikiran yang teratur dan kontinyu bagi siswa.
–
Membantu
tumbuhnya pengertian à membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
–
Memberikan
pengalaman-pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu
berkembangnya efisiensi yang lebih mendalam serta keragaman dalam cara belajar.
–
Memberikan
pengalaman yang menyeluruh, yang konkret lambat laun berintegrasi menjadi
pengertian atau kesimpulan-kesimpulan yang abstrak.
2.
Prinsip Penggunaan Media
- Tidak ada satupun teknik atau strategi dan media pembelajaran yang harus dipakai tanpa melibatkan strategi dan media lainnya à multi media
- Tidak ada satu mediapun yang dapat sesuai dan cocok untuk segala macam kegiatan belajar
- Media tertentu cenderung lebih tepat dipakai untuk tujuan pembelajaran tertentu dibandingkan dengan media lain
- hendaknya dilakukan persiapan secara cermat
- sebaiknya siswa telah dipersiapkan sebelumnya dan siswa juga harus diperlakukan sebaik-baiknya
- Media perlu diusahakan agar dapat menjadi bagian integral dari sistem pembelajaran
- Jangan sekali-kali menggunakan media untuk sekedar pengisi waktu yang telah kosong dengan tujuan rekreasi (hiburan)
- sebaiknya siswa telah dipersiapkan sebelumnya dan siswa juga harus diperlakukan sebaik-baiknya
- Media perlu diusahakan agar dapat menjadi bagian integral dari sistem pembelajaran
- Jangan sekali-kali menggunakan media untuk sekedar pengisi waktu yang telah kosong dengan tujuan rekreasi (hiburan)
3. Jenis-jenis
Media Pembelajaran
- Media Asli dan Media Tiruan
- Media Grafis (bagan, grafik, poster, karikatur, gambar, komik, cerita gambar bersambung)
- Media papan
- Media yang disorot
- Media dengar
- Media pandang dengar
- Media cetak
- Komputer/internet
JENIS-JENIS
MEDIA PEMBELAJARAN
(Nana Sudjana)
(Nana Sudjana)
- Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun, diagram, foto.
- Media tiga dimensi: model, diorama.
- Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD.
- Media Audio: tape recorder, radio.
- Lingkungan
v Jenis-Jenis Media Pembelajaran Sejarah
- Peninggalan Sejarah
- Model: diorama, maket, replika candi, patung
- Peta: atlas, peta dinding, peta sketsa, peta lukisan
- Ruang sejarah
- Media Audio: tape recorder, radio
- Media Audio visual : TV, film, video
- Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD
- Media modern: komputer dan internet
- Media Cetak: Buku, majalah, koran
- Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun, diagram, foto.
4. Kriteria Pemilihan
Media
- Ketepatan dengan tujuan.
- Dukungan terhadap isi mata pelajaran.
- Kemudahan memperoleh media.
- Keterampilan dan kemampuan guru.
- Ketersediaan waktu
- Kesesuaian dengan taraf berpikir siswa
- Hal yang perlu diperhatikan daTergantung pada tujuan pembelajaran, kemudahan penggunaan, kemampuan guru
- Fungsi dan peran media, bukan kecanggihan
- Buatan siswa
- ketepatanlam penggunaan media
- Memiliki pemahaman tentang jenis, manfaat, kriteria pemilihan, kemampuan menggunakan dan tindak lanjutnya.
- Keterampilan dalam membuat media
- Keterampilan dalam menilai efektivitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar