1. Pengertian Media Cetak
Kata “media” berasal dari kata medius yang
secara harfiah berarti “perantara” atau “pengantar”. Dengan demikian, media
merupakan wahana penyaluran informasi belajar atau penyalur pesan. Bila
media adalah sumber belajar maka secara luas media dapat
diartikan dengan manusia, benda,ataupun peristiwa yang
memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan dan ketrampilan.
Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup
penting karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang
disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagaiperantara dalam
pembelajaran di kelas.
Di dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari
pengirim kepada penerima pesan. Menurut Gerlach dan Ely menyatakan bahwa media
apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang
membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan,
keterampilan, atau sikap.Dalam pengertian yang lebih khusus media merupakan
guru, buku paket dan lingkungan sekolah, yang dalam proses belajar mengajar
lebih cenderung diartikan sebagai alat untuk menangkap memproses dalam
menyusun kembali informasi. Pada dasarnya suatu media pembelajaran itu
sebagai suatu perantara untuk mencapai pembelajaran sesuai harapan dan
keinginan.
Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau perlengkapan yang
digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau
peserta didik. Alat Bantu itu disebut media, sedangkan media cetak menurut Eric Barnow
adalah segala barang yang dicetak yang ditujukan untuk umum atau untuk suatu
publik tertentu. Dengan demikian yang dimaksud media cetak
meliputi surat kabar, majalah, serta segala macam barang cetakan yang
ditujukan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi.Sementara dalam kutipan
Ronald H Aderson media cetak berarti bahan bacaan yang diproduksi secara
profesional seperti buku, majalah, dan buku petunjuk.
Media cetak mempunyai makna sebuah media yang menggunakanbahan
dasar kertas atau kain untuk menyampaikan pesan-pesannya. Unsur-unsur
utama adalah tulisan (teks), gambar visualisasi atau keduanya. Media
cetak ini bisa dibuat untuk membantu fasilitator melakukan komunikasi
interpersonal saat pelatihan atau kegiatan kelompok. Media ini juga bisa
dijadikan sebagai bahan referensi (bahan bacaan) atau menjadi media
instruksional atau mengkomunikasikan teknologi baru dan cara-cara
melakukan sesuatu (leaflet, brosur, buklet). Bisa juga
mengkomunikasikan perhatian dan peringatan serta mengkampanyekan suatu isu
(poster) dan menjadi media ekspresi dan karya personal (poster, gambar,
kartun, komik).
Media cetak dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu guru
dalam menyampaikan materi pelajaran karena media ini banyak menyimpan pesan
tertulis yang mudah diterima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar